all the things that make my mind itch to review..

Siapa yang Tak Kenal dengan Naruto??

Apa jadinya jika anda mempunyai jurus seribu bayangan?? (cari pacar yang banyak untuk masing-masing clon kali ya…hehehe😆 )

(gambar: Naruto Uzumaki, karakter utama anime dan manga Naruto)
Naruto is in the house!!! Yupz, bahasan kita kali ini tak lain dan tak bukan tentang sebuah anime terlaris dengan jutaan penggemar di seluruh belahan dunia. Penggemar anime dan manga yang satu ini sangat bevariasi, mulai dari anak-anak sampai yang sudah tua (om-nya temenku yang usianya 45-an aja ikut nimbrung ngobrolin Naruto dengan kami… apa??). Kesuksesan komik Naruto tak lepas dari yang namanya Masashi Kishimoto, “kawan saya” yang telah menelurkan mega anime ini.

Pada mulanya Manga Naruto pertama kali diterbitkan di negeri Sakura di tahun 1999 dalam majalah Manga terkemuka Jepang, Shonen Jump  edisi ke 43. Di Indonesia sendiri, Manga Naruto diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Semenjak kemunculannya, Naruto telah mengalami puncak popularitas baik di negeri asalnya maupun di tanah air. Ceritanya yang panjang dari dulu sampai sekarang tetap saja semakin enak untuk diikuti. Dari sebuah situs ensiklopedi, dinyatakan bahwa panjang serial Naruto (khususnya di Jepang) telah menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama (hemm… seperti dugaan saya🙂 ) Sedangkan untuk serial anime-nya diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex yang disiarkan perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax. Seri pertama terdiri atas sembilan seasons. Season pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Nah, kalau Di Indonesia, kita dapat nonton anime Naruto yang semula ditayangkan oleh Global TV dan kemudian dipindah ke RCTI mulai 1 Februari 2011 (udah lewat kale!!)
Bagi kawan-kawan yang baru mengenal anime yang satu ini (apa? :roll:  emang ada yang nggak tahu sama Naruto?) ada baiknya kawan-kawan baca sekilas prolog-nya.

Diceritakan pada tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, ada seekor monster rubah (yang dikenal dengan nama Kyuubi) ekor sembilan menyerang sebuah desa yang bernama Konoha. Desa ini merupakan tempat banyak shinobi (ninja) yang juga sebagai tempat kelahiran saya Naruto. Nah, si Kyuubi itu menyebabkan kehancuran di desa Konoha dan sehingga banyak korban yang berjatuhan (sereem😦 ) Namun akhirnya ada seseorang shinobi hebat yang berhasil menyegel Kyuubi itu ke tubuh Naruto. Sang jawara yang berhasil menyegel siluman rubah ekor itu adalah Namikaze Minato, Hokage keempat yang tidak lain adalah ayah dari Naruto. Sayangnya, keberhasilan itu harus dibayar dengan nyawanya sendiri (saya juga akan melakukan hal yang sama jika di posisi itu, maksudnya??👿 )

Setelah peristiwa mencekam itu, tepatnya setelah tiga belas tahun kemudian, si Naruto Uzumaki udah besar dan lucunya, ia adalah remaja yang sering membuat onar di desa Konoha. Semua itu dilakukannya karena ia menginginkan perhatian dari penduduk desa. (info: seluruh penduduk desa menjauhinya karena rubah di tubuhnya). Pada suatu ketika, Naruto ditipu oleh seorang pengkhianat untuk mencuri gulungan rahasia dari Hokage ketiga. Naruto yang polos dan innocent pun akhirnya berhasil mencuri serta mempelajari jurus seribu bayangan. Setelah tahu bahwa dia dimanfaatkan Naruto menolak memberikan gulungan tersebut. Kemudian ia ditolong oleh guru Iruka, guru favoritnya. Dialah orang yang pertama kali mengakui keberadaan Naruto, karena dulu guru Iruka pernah mengalami hal yang sama yaitu hidup tanpa orang tua, dan selalu diselimuti kesendirian. Jadi, kayak merasa senasib gitu. Kira-kira seperi itu cerita awal dari manga ini, kalo sekarang? Udah jauuuuhh banget gan! Hehehe😆

(gambar: Atas kiri – Kakashi Hatake, Iruka Umino, Bawah kiri – Haruno Sakura, Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke)

Saat mengikuti jalan ceritanya, pasti agan-agan sekalian banyak menemukan istilah-istilah dalam bahasa jepang yang sering muncul. Sangat wajib untuk kita untuk tahu istilah-istilah itu biar nanti pas baca nggak kebingungan (nggak seru kan kan kalo kita lagi enak-enak baca eh ada istilah Jepang yang nggak kita ketahui). Berikut ini ada beberapa istilah basic sebelum kita terjun menyelami cerita.
Bijuu
Siluman yang berasal dari cakra yang berjumlah sangat besar, berjumlah 9 ekor (Ichibi, Nibi, Sanbi, Yonbi, Gobi,Rokubi,Nanabi, Hachibi, dan Kyuubi). Dan menurut para penduduk yang desanya memiliki Bijuu, satu tebasan ekor mereka dapat menyebabkan Tsunami, Gempa, dan bencana besar lainnya (puting beliung juga?). Konon, tiap monster itu merupakan pecahan dari cakra monster ekor sepuluh (Juubi).
Chakra
Sebuah tenaga yang mengalir dalam tubuh seseorang yang tersimpan setelah latihan keras dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal misalnya saja ngeluarin jutsu.
Hokage
Pemimpin (orang terkuat) di negara api (ho=api, kage=bayangan). Sepanjang sejarah ada enam hokage yang tercatat, yaitu Hashirama Senju (Ichidaime), Tobirama Senju (Nidaime), Hiruzen Sarutobi (Sandaime), Minato Namikaze (Yondaime), Tsunade (Godaime), dan Danzou Shimura (Rokudaime). Selain itu, di negara lain juga memiliki pemimpin yang sama-sama memiliki gelar Kage, seperti pemimpin di negara petir (Raikage), negara air (Mizukage), negara angin (Kazekage), dan negara tanah (Tsuchikage).

(gambar: peta lima negara Shinobi)

Jinchuuriki
Orang yang ditubuhnya tersegel bijuu. Seperti Gaara dari Sunagakure (ichibi), Yugito Nii dari Kumogakure (Nibi), Yondaime Mizukage Yagura dari Kirigakure (Sanbi), Roshi dari Iwagakure (Yonbi), Han dari Iwagakure (Gobi), Utakata dari Kirigakure (Rokubi), Fu dari Takigakure (Nanabi), Bee dari Kumogakura (Hachibi), dan Uzumaki Naruto dari Konohagakure (Kyuubi).

(gambar: semilan Jinchuuriki berkumpul)

Jutsu
Sebutan untuk jurus atau  teknik yang digunakan oleh ninja sebagai sebuah serangan maupun pertahanan. Jutsu dibagi lagi menjadi empat yaitu:
Taijutsu – teknik dasar ninja berupa gerakan fisik seperti melompat, memukul, atau menendang.

Ninjutsu – teknik ninja yang menggunakan chakra untuk mengeluarkan jutsu-jutsu dengan elemen tertentu.
Genjutsu – teknik ninja yang mampu membawa musuhnya ke dalam dunia ilusi.
Fuinjutsu – teknik ninja yang digunakan untuk penyegelan. contohnya segel yang ada pada tubuh sasuke yang bisa membuatnya lebih kuat meski hanya bisa sampai joutai 2 dan segel yang berada pada naruto tempat kyuubi berada.

Kuchiyose
Pemanggilan adalah hewan yang dapat dipanggil untuk kemudian digunakan untuk menyerang sebagai senjata ninja. Contohnya adalah ketika Kakashi memanggil sepasukan anjing (dog pack), Jiraiya memangil keluarga katak Gamabunta (raja katak), Gamaken , Orochimaru memanggil Manda (raja ular raksasa), Tsunade memanggil Katsuyu (Siput raksasa) dan Naruto memanggil katak yang merupakan anak dari Gamabunta yaitu Gamakichi (kadang-kadang datang bersama adiknya Gamatatsu yang akhirnya cuma mengganggu saja). Sasuke memanggil Elang. Jurus Summon juga dapat digabungkan atau berubah bentuk bila bersatu dengan pemanggilnya.
Kunoichi
Sebutan untuk ninja perempuan. Seperti Sakura Haruno, Ino Yamanaka, Hinata Hyuga, Tenten, Temari, Tsunade, Shizune, Kurenai dan masih banyak lagi yang pokoknya ninja perempuan.
Shinobi
Sebutan lain untuk ninja.
Dan masih banyak lagi istilahnya, namun yang tadi udah cukup buat dasarnya. Jika agan pengen tahu lebih banyak mengenai anime yang satu ini langsung saja bidik Naruto Wiki. Bagi agan-agan yang ingin baca summary tiap chapter manganya langsung pijet klik link di bawah ini, hehehe:mrgreen:

27 responses

  1. kagebunsin no jutsu

    December 23, 2011 at 6:40 am

    • Choo Odama Ransengan-Tarengan jurus terbarunya gan…😀

      December 31, 2011 at 6:33 am

  2. Nice.

    Salah satu animanga favorit ane..😀

    December 23, 2011 at 8:02 am

  3. hahaha, aku dulu juga sempat mengikuti Naruto; tapi kemudian mandeg di tengah jalan🙂

    December 23, 2011 at 10:13 am

    • kenapa gan? ceritanya makin seru lho!!🙄

      December 31, 2011 at 6:32 am

  4. o

    December 30, 2011 at 6:48 am

  5. wadaw,.,.,.,.,.,lengkap dah infonyaa.,.,.,.,tp sayang serialnya ditipi ndak dilanjutin,.,.,.,kunjungan pertama broo.,.,. salam kenal.,.,😀

    December 31, 2011 at 2:49 pm

    • setuju gan, sayang banget ya!😦

      yoi, salam kenal juga!🙂

      January 3, 2012 at 8:57 am

  6. huruf alfabet!!!

    iiiiii ta??

    January 1, 2012 at 6:30 am

  7. coba ke sini gan?
    http://www.fztvseries.mobi/files-Naruto%20Shippuuden.htm

    January 4, 2012 at 1:55 am

  8. r10

    percaya ga percaya tapi aku bukan fans naruto loh, aku baru tahu sejarahnya dari sini.

    January 7, 2012 at 4:00 am

    • gak papa gan… tiada kata terlambat buat ngikutin Naruto kok:mrgreen:
      kalo agan ngikutin animanga ini, dijamin suka😳😆

      January 7, 2012 at 6:37 am

  9. meskipun jarang muncul, favorit saya tetap Aburame Shino

    January 8, 2012 at 2:39 pm

    • pasti mas ini suka sama kutu, hahahaha😆

      January 9, 2012 at 4:41 am

  10. harusnya sih ga lama lagi tamat, udah perang gede2an gabung semua desa gitu (musuh2 lamanya diidupin semua pula, rada mekso :p). Dubbingnya di tv ancur banget, jadi males nonton

    January 9, 2012 at 4:02 am

    • emang sih, tapi kalo tamat saya gimana gan?😦 hahaha
      saya saranin nonton Animenya langsung dari videonya dengan subtitle inggris gan, dijamin puas😎

      January 9, 2012 at 4:43 am

  11. sekarang saya udah gak ngikutin lagi, kalo saya kebih suka OP sih😀

    January 9, 2012 at 1:20 pm

    • OP juga bagus, cuman kadang2 saya ketinggalan juga😆

      January 10, 2012 at 1:01 am

  12. Kage bukannya artinya bayangan ya? Trus, Hashirama Senju itu bukannya julukannya itu Shodaime? Ya, sebenarnya saya lebih sepakat kalau dibilangnya Ichidaime, sih. Eniwey, naruto baru belum keluar lagi kayaknya nih…

    January 10, 2012 at 12:40 am

    • walah, iya gan, salah itu (dasar error!👿 ) shodaime sama ichidaime sama saja kok, untuk yang ichidaime emang dinamai secara numerik jepangnya..
      iya, kayaknya sekarang sering dua mingguan ya keluarnya😦

      January 10, 2012 at 1:06 am

  13. salah satu favorit gue disamping one piece sama fairy tail😀..

    January 16, 2012 at 8:30 am

  14. Taufiq Luqman

    futon : rasengan shuriken . . ..

    February 20, 2013 at 7:14 am

Give your voice

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s