all the things that make my mind itch to review..

Pokemon, Kompleksitas di Balik Wajah Imut Mereka

Sebelumnya, Gong Xi Fa Chai…😆 saya masih bersedia lho menampung Angpau dari temen-temen blogger:mrgreen:

Lagi-lagi telat posting, yah apa mau dikata, kalau orang sudah menemukan hobi baru yang sangat sangat disukainya tak jarang hobi lama jadi bergeser dari puncak prioritasnya. Mungkin itulah yang terjadi pada saya saat ini, hehe😆 Hobi baru saya adalah main game Pokemon White Version. Pasti kalian yang belum pernah dengar pada nyengir mendengar kata Pokemon yang identik dengan tontonan anak-anak (sesuai pandangan kebanyakan orang). Nah, untuk mengubah stigma itu, mungkin saya bisa sedikit menggambarkan tentang salah satu dari sekian banyak animanga favorit saya ini.

Pertama saya mengenal anime ini kira-kira pada waktu saya masih SD, yang saya ingat waktu itu serial ini pertama kali ditayangkan oleh SCTV sekitar pukul 19.00 WIB (widih, ingat betul ni orang)😐 Dari situ saya mulai mengenal Ali (nama Indonesia-nya Ash atau Satoshi), Pikachu, dkk. Satu hal yang membuat saya suka dengan anime ini adalah adventure-nya dan berbagai macam Pokemon yang sangat berbeda dengan binatang pada umumnya. Perbedaan itu antara lain, kemampuan mereka untuk bertarung dan mengeluarkan jurus-jurus keren, kemampuan mereka untuk berevolusi, sebagai best partner manusia, tantangan di tiap kota (Gym, Contest, Elite Four, Champion, trainer battle, dll), kelucuan tim antagonis yang aneh dan foolish (Team Rocket), dan Pokemon Legenda. Kesemuanya itu nampaknya telah memenuhi semua prasyarat untuk saya mau menonton dan give interest kepada mereka🙂

(gambar: inilah tokoh utama serial ini, Satoshi dan Pokemon andalannya, Pikachu)

Sedikit gambaran mengenai Pokemon, kata Pokemon berasal dari romanisasi nama Jepang untuk Pocket Monster, menjadi Poketto Monsuta. Pokemon ini diilustrasikan sebagai makhluk hidup yang menyerupai binatang (tidak semuanya sih malah ada yang bentuknya aneh dan tidak lazim) dan memiliki tipe dan jurus masing-masing. Misalnya, pokemon yang bernama Pikachu memiliki tipe listrik dan jurus yang bermacam-macam. Ketika seekor Pokemon itu bertarung dan ia menang, maka Pokemon itu akan mendapatkan BP (Battle Point) dan jika sudah maksimal akan naik level. Bersamaan dengan kenaikan level itu, seekor Pokemon akan mendapatkan jurus baru atau bahkan bisa berevolusi ke bentuk yang lebih kuat dan sangar tentunya. Pokemon ada yang bisa berevolusi ada pula yang tidak (sekitar 90%-nya bisa berevolusi). Satoshi, tokoh utama serial ini, mempunyai tekad untuk menjadi Pokemon Master, yaitu trainer Pokemon terkuat di seantero negeri. Untuk mewujudkan mimpinya itu ia harus berpetualang di setiap region, mengalahkan semua Gym Leader untuk mendapatkan Badge, dan jika sudah terkumpul semua Badge ia berhak menuju ke Pokemon League untuk menantang Elite Four (empat trainer terkuat) dan yang terakhir mengalahkan The Champion.

Saat nonton serialnya, kawan-kawan pasti melihat Satoshi dan kawan-kawan selalu diikuti oleh Team Rocket, sebuah kelompok yang beranggotakan Jesse (Musashi),  James (Kojiro), dan Pokemon yang bisa bicara, Nyasu. Tujuan mereka adalah merebut Pokemon-Pokemon kuat milik Satoshi dkk untuk dipersembahkan kepada Boss mereka. Dengan harapan dinaikkan pangkatnya, merekapun selalu melancarkan aksi-aksi jahat (yang kadang malah terlihat lucu dan konyol):mrgreen: namun selalu gagal dan terlempar ke langit. Meskipun demikian mereka tidak pernah lelah mengikuti Jelly Boy (sebutan mereka untuk Satoshi cs) dan selalu memutar otak untuk menjebak mereka, ya..meskipun ujung-ujungnya selalu gagal dan terbang ke langit.😆

Hingga saat ini, anime Pokemon telah berkembang pesat dari masa ke masa. Terhitung sejak pertama kali muncul, sudah ada lima generasi Pokemon yang memiliki ciri khas yang berbeda satu dan yang lainnya. Setiap generasi memiliki Pokemon Starter atau Pokemon awal dan regional sendiri. Setiap generasi memiliki tiga ekor Pokemon starter yang memiliki tipe Grass, Fire, dan Water serta memiliki kemampuan berevolusi dua kali.

(gambar: dari atas kiri ke kanan Gen I Bulbasaur-Charmander-Squirtle, Gen II Chikorita-Cyndaquil-Totodile, Gen III Treecko-Torchic-Mudkip, Gen IV Tutwig-Chimchar-Piplup, Gen V Snivy-Tepig-Oshawott)

Generasi I

Region: Kanto
Pokemon Starter: Bulbasaur (berevolusi menjadi Ivysaur dan Venusaur), Charmander (berevolusi menjadi Charmeleon dan Charizard), Squirtle (berevolusi menjadi Wartotle dan Blastoise)
Pokemon Legend: Legendary Birds (Articuno, Zapdos, Moltres) Genetic Pokemon (Mew, Mewtwo)
Gym Leader: Brock (pengguna tipe Rock dari Pewter City), Misty (pengguna tipe Water dari Cerulean City), Lt. Surge (pengguna tipe Electric dari Vermilion City), Erika (pengguna tipe Grass dari Celadon City), Sabrina (pengguna tipe Psychic dari Saffron City), Janine (pengguna tipe Poison dari Fuchsia City), Blaine (pengguna tipe Fire dari Cinnabar City).
Elite Four: Lorelei (pengguna tipe Ice), Bruno (pengguna tipe Fighting), Agatha (pengguna tipe Ghost Poison), Lance (pengguna tipe Dragon).

Crime Group: Team Rocket

Generasi II

Region: Johto
Pokemon Starter: Chikorita (berevolusi menjadi Bayleef dan Meganium), Cyndaquil (berevolusi menjadi Quilava dan Typhlosion), Totodile (berevolusi menjadi Croconaw dan Feraligatr).
Pokemon Legend: Legendary Beast (Entei, Raikou, Suicune), Tower Duo (Lugia dan Ho-Oh), dan Forest Guardian (Celebi).
Gym Leader:  Falkner (pengguna tipe Flying dari Violet City), Bugsy (pengguna tipe Bug dari Azalea City), Whitney (pengguna tipe Normal dari Goldenrod City), Morty (pengguna tipe Ghost dari Ecruteak City), Chuck (pengguna tipe Fighting dari Cianwood City), Jasmine (pengguna tipe Steel dari Olivine City), Pryce (pengguna tipe Ice dari Mahogany Town), Clair (pengguna tipe Dragon dari Blackthorn City).
Elite Four: Will (pengguna tipe Psychic), Bruno (pengguna tipe Fighting), Koga (pengguna tipe Poison), Karen (pengguna tipe Dark)
Champion: Lance (Various Pokemon)

Crime Group: Team Rocket

Generasi III

Region: Hoenn
Pokemonn Starter: Treecko (berevolusi menjadi Grovyle dan Sceptile), Torchic (berevolusi menjadi Combusken dan Blaziken), Mudkip (berevolusi menjadi Marshtomp dan Swampert).
Pokemon Legend: Legendary Golems (Regirock, Regice, Registeel), Eon Duo (Latias dan Latios), Weather Trio (Kyogre, Groudon, Rayquaza), Sky Guardians (Deoxys) dan Wish Keeper (Jirachi).
Gym Leader: Roxanne (pengguna tipe Rock dari Rustboro City), Brawly (pengguna tipe Fighting dari Dewford City), Wattson (pengguna tipe Electric dari Mauville City), Flannery (pengguna tipe Fire dari Lavaridge City), Norman (pengguna tipe Normal dari Petalburg City), Winona (pengguna tipe Flying dari Fortree City), Tate dan Liza (pengguna tipe Psychic dari Mossdeep City) dan Juan (pengguna tipe Water dari Sootopolis City)
Elite Four: Sidney (pengguna tipe Dark), Phoebe (pengguna tipe Ghost), Glacia (pengguna tipe Ice), Drake (pengguna tipe Dragon).
Champion: Wallace (Various Pokemon)

Crime Group: Team Aqua dan Team Magma

Generasi IV

Region: Sinnoh
Pokemon Starter: Turtwig (berevolusi menjadi Grotle dan Torterra), Chimcar (berevolusi menjadi Monferno dan Infernape), Piplup (berevolusi menjadi Prinplup dan Empoleon).
Pokemon Legend: Lake Guardians (Azelf, Mesprit, Uxie), Creation Trio (Palkia, Dialga, Giratina), Lunar Duo (Darkrai dan Cresselia), Sea Guardians (Phione dan Manaphy), Volcano Guardians (Heatran), The Golems Master (Regigigas), Nature Balancer (Shaymin), dan God of Pokemon (Arceus).
Gym Leader: Roark (pengguna tipe Rock dari Oreburgh City), Gardenia (pengguna tipe Grass dari Eterna City), Maylene (pengguna tipe Fighting dari Veilstone City), Crasher Wake (pengguna tipe Water dari Pastoria City), Fantina (pengguna tipe Ghost dari Hearthome City), Byron (pengguna tipe Steel dari Canalave City), Candice (pengguna tipe Ice dari Snowpoint City), Volkner (pengguna tipe Electric dari Sunyshore City)
Elite Four: Aaron (pengguna tipe Bug), Bertha (pengguna tipe Ground), Flint (pengguna tipe Fire), Lucian (pengguna tipe Psychic).
Champion: Cynthia (Various Pokemon)

Crime Group: Team Galactic

(gambar: Zekrom, Victini, Reshiram)

Generasi V

Region: Unova
Pokemon Starter: Snivy (berevolusi menjadi Servine dan Serperior), Tepig (berevolusi menjadi Pignite dan Emboar), Oshawott (berevolusi menjadi Dewott dan Samurott).
Pokemon Legend: Energy Releaser (Victini), Legendary Musketeers (Cobalion (as their master), Terrakion,Virizion, Keldeo), Tao Trio (Zekrom, Reshiram, Kyurem), Kami Trio (Tornadus, Thundurus, Landorus), Melody of Life (Maloetta), dan Techno-experimental Creature (Genesect).
Gym Leader: Cilan, Chili, Cress (pengguna tipe Fire, Water, Grass dari Striaton City), Lenora (pengguna tipe Normal dari Nacrene City), Burgh (pengguna tipe Bug dari Castelia City), Elesa (pengguna tipe Electric dari Nimbasa City), Clay (pengguna tipe Ground dari Driftveil City), Skyla (pengguna tipe Flying dari Mistralton City), Brycen (pengguna tipe Ice dari Icirrus City), Drayden dan Iris (pengguna tipe Dragon dari Opelucid City).
Elite Four: Shauntal (pengguna tipe Ghost), Grimsley (pengguna tipe Dark), Caitlin (pengguna tipe Psychic), Marshall (pengguna tipe Fighting).
Champion: Alder (Various Pokemon)

Crime Group: Team Plasma

(gambar: seluruh pokemon legenda berkumpul)

Selain beberapa hal yang sudah saya sebutkan di atas, alasan utama kesenangan saya terhadap Pokemon adalah game-nya. Jika dalam anime atu serialnya kita hanya bisa melihat bagaimana petualangan Satoshi meraih mimpinya untuk jadi Master Pokemon dengan melewati berbagai macam rintangan, maka dengan game Pokemon kita sendiri bisa menjadi adventurer layaknya Satoshi yang berpetualang mengumpulkan badge dan menantang Elite Four beserta Champion-nya. Game ini bukanlah game berat dengan “tampilan” doang yang kompleks dan horribly, bukan juga game yang tereksklusifkan pada peperangan, fighting, martial, creator, dsb. Game ini murni game petualangan di dunia Pokemon di mana kita diwajibkan menjelajahi seluruh kota, hutan, gurun, gunung, desa, salju, untuk menjadi seorang master Pokemon dengan mengalahkan trainer-trainer terkuat di masing-masing kota. Sepintas game ini lebih kayak Harvest Moon, Digimon dan sebagainya, namun pada Pokemon ternyata banyak kompleksitas dan pengembangan di balik tampilan itu. Semisal, ada beberapa bagian atau requirement yang mengharuskan online baik via Wi-fi atau Infrared untuk bisa menyelesaikan permainannya. Kemudian beberapa koleksi Pokemon harus menggunakan even tertentu untuk mendapatkannya, evolusi via trade, Battle Frontier, mencari Pokemon-pokemon langka, Underground Hunting, atau menangkap Pokemon Legenda. Kesemuanya itu umumnya banyak menghabiskan waktu dan pikiran (kadang sampai lupa makan karena saking asyiknya nge-game, hehehe). Namun bagi penggemar game Pokemon dan penyuka game petualangan semua itu tidak masalah, ya kan gan?😉

Game Pokemon sendiri berkembang sesuai dengan perkembangan generasi Pokemon, mulai dari eranya Game Boy, Game Boy Color, Game Boy Advance, Nintendo DS Lite, dan yang paling baru Nintendo DSi. Dan kebetulan saya sudah mencoba semuanya kecuali untuk Nintendo DSi (sedang dalam proses). Bahkan saya masih main di Generasi V (Black White Version) dan belum selesai hehehe🙂 (info: penulis masih dapat 3 badge). Begitu antusiasnya dengan game baru ini, sampai saya lupa bikin postingan dan jarang blogwalking:mrgreen:

Bagi kawan-kawan Narablog yang penasaran dan punya waktu luang, saya rekom-kan untuk memainkan gamenya, atau sekedar nonton serialnya. Selain karena alasan di atas juga agar lebih kelihatan muda karena nonton Pokemon, hahahaha😆

96 responses

  1. hahahhahhahha aku milih digimon daripada pokemon sob… 😀

    January 23, 2012 at 6:20 am

    • Digimon juga bagus, tapi belum bisa ngalahin Pokemon😛

      January 23, 2012 at 11:16 am

  2. wah lumayan lengkap jg infonya, kalo saya baru maen generasi I-III, itupun yg generasi II gak sampe tamat😀

    January 23, 2012 at 6:57 am

    • generasi tiga ya, aku dulu pake Mudkip sebagai starternya

      January 23, 2012 at 11:16 am

  3. wahh…mantabs sob..
    kyknya kalo yg namanya game beginian, nggak mengenal usia dech…:D

    January 23, 2012 at 7:44 am

  4. dulu bela belain beli vcd seriesnya yang bajakan
    trus koleksi kartunya hadiah dari permen gtu
    sekarang semua itu entah kemana..
    jadi kangen nonton pokemon lagi hehehe

    January 23, 2012 at 8:05 am

    • coba game nya pasti kangennya terobati

      January 23, 2012 at 11:18 am

  5. ¤ HILAL ALIFI

    Wuh, detil sekali. Pasti maniak game Pokemon nih. hehehe

    January 23, 2012 at 8:47 am

    • dikatakan maniak sih nggak juga, kalo ngefans berat iya (beda ya?)🙂

      January 23, 2012 at 11:18 am

  6. masih imutan jg ane dari pada pokemon:mrgreen: xixixixi😛

    January 23, 2012 at 9:27 am

    • ya ampun bro imut banget, jadi pengen masukin kamu ke PokeBall, kikikiki😛

      January 23, 2012 at 11:20 am

  7. Yang ZEKROm mengerikan Mas….

    January 23, 2012 at 9:57 am

  8. Pika … Pika … Pikachuuu …
    Baru dapet nih dari temen, tapi baru mulai agak ogah hehe
    Kayaknya seru juga nih setelah baca review-nya haha😀

    January 23, 2012 at 10:52 am

  9. Kalau aku lebih suka Digimon deh daripada Pokemon, hahaha🙂 Digimon Adventure (season 1) keren banget tuh!!🙂

    Tapi Pokemon juga ok2 saja sih, cuma setelah dikenalin generasi-generasi berikutnya entah kenapa jadi kurang menarik bagi saya, hmmmm

    January 23, 2012 at 11:16 am

    • sebenarnya saya juga suka sama Digimon, cuman gak sebanyak Pokemon hehehe🙂
      kalo menurut saya si makin kesini makin sangar Pokemon2nya..

      January 23, 2012 at 11:23 am

  10. wah keren

    http://sastranikychoysynyster.blogspot.com/

    January 23, 2012 at 1:07 pm

  11. meledak 2001 an kayaknya kartun ini, si pikachu😀

    January 23, 2012 at 1:33 pm

    • iya ya, cuman dulu belum suka-suka amat. baru sekarang sukanya

      January 23, 2012 at 10:53 pm

  12. itu keren mas, mas aku mau tanya , itu gambar yang STOP CENSORSHI maksudnya apa yah…..?

    January 23, 2012 at 3:56 pm

    • maksudnya ribbon di pojokan itu? itu cuman salah satu bentuk dukungan menentan SOPA/PIPA

      January 23, 2012 at 10:52 pm

  13. kalo nonton pokemon dulu, saya selalu menunggu kehadiran tim rocket lho.. saya dulu juga suka nonton pokemon, meskipun tidak suka suka suka banget.. hehe😀

    January 23, 2012 at 5:14 pm

  14. aku suka soundtracknya digimon.. *eh* tapi lagunya enak bangeeeet… ^_^

    sempat nonton pokemon yang versi movie… lumayan bagus juga ya… tapi udah lama banget, sekarang lupa ceritanya apa…

    January 23, 2012 at 9:23 pm

  15. saya tak terlalu mengerti akan cerita tentang pokemon ini, tetapi lumayan menarik hati juga😀

    January 24, 2012 at 3:25 am

    • mainin gamenya gan, ntar ketagihan🙂

      January 24, 2012 at 8:27 am

      • pernah sih dulu, tapi sekarang malah ilang gamenya😀

        January 26, 2012 at 11:18 am

  16. yg bikin itu kreatif abiez ya

    January 24, 2012 at 3:36 am

    • iya, ada aja idenya bikin makhluk2 sangar itu:mrgreen:

      January 24, 2012 at 8:28 am

  17. Ahmad Alkadri

    Saya pertama kenal Pokemon pas main di Nintendo, duluuuuuuu banget😛 Saya nggak pernah ngikutin serialnya… dan sekarang, udah umur segini, saya malah jadi penasaran dan ingin nyoba nonton.

    January 24, 2012 at 6:06 am

    • jiwa muda anda telah kembali… hehehe😆

      January 24, 2012 at 8:29 am

  18. lama nggak nonton pokemon

    January 24, 2012 at 6:21 am

    • sama, tapi main gamenya yang gak pernah absen😛

      January 24, 2012 at 8:29 am

  19. Kalau sudah nge-game memang suka keantengan, bisa melupakan hal-hal lainnya terlebih kalau lagi seru2nya😀

    January 24, 2012 at 2:49 pm

  20. saya milih Pokemon😀

    January 24, 2012 at 3:34 pm

  21. waktu SD saya pernah nangis kejer gara-gara lagi nonton pokemon malah di ganti hahaha

    January 24, 2012 at 11:28 pm

  22. Saya belum pernah main yang di Unova… Tapi sejauh ini, saya paling puas waktu pakai Mudkip, kan habis itu dia jadi Marshtomp, terus jadi Swampert. Pas jadi Swampert itu, kelihatannya dia gagah sekali… hehehe…
    Kalau pokemon legendaris, yang paling saya suka itu Groudon. Entah kenapa gayanya keren…

    January 25, 2012 at 6:27 am

    • penyuka tipe air ya, SAAMAAA banget… saya sukanya si Swampret karena tipenya yang air+tanah, keren..

      January 25, 2012 at 8:32 am

      • Saya bukan penyuka tipe air, tapi tipe darat, ‘Ground’
        Hehehe…

        January 28, 2012 at 6:11 am

  23. Bahas pokemon ya akhirnya?

    Kalau ditanya tentang pokemon dan digimon. Untuk film serinya, saya taruh digimon I di atas pokemon, tapi selebihnya pokemon masih lebih baik menurut saya. yah, namanya suka kan boleh macam2.

    Tapi lebih dari filmnya, saya lebih suka pada monsternya itu sendiri. Daripada digimon, monster dari pokemon lebih alami menurut saya. Saya sukanya malah ketika monsternya masih level awal. Dan Bulbasaur tetap jadi pokemon favorit.

    Saya awal kenal pokemon pas masih SD. Ketika teman saya minjemin movienya (bukan seri). Saat itu saya belum tahu kalau jumlah monsternya ada sangat banyak dan terus bertambah. Begitu masuk tivi, saya baru tau kalau ada series-nya. Niat deh nyari VCD-nya. Tapi lebih asyik kalau nonton yang dub bahasa Inggris atau jepang. kalau bahasa mandarin atau Indonesia malah nggak asyik.

    January 25, 2012 at 12:03 pm

    • pokemon dan digimon emang “hampir” mirip ya, cuman sepertinya pokemon menurut saya masih ngalahin digimon (kembali ke selera)

      serial dan filmnya, saya kurang ngikutin tapi sedikit banyak tau intinya, saya saranin kalo nonton pake dub jepang atau inggris atau subtitle english juga cukup

      January 27, 2012 at 6:07 am

  24. wah hobi maen nds pokemon juga tooo.,.,.,.,wah sayangnya saya sudah tamat gamenya dari versi gbc sampe nds🙂

    January 25, 2012 at 12:41 pm

    • wah trainer senior donk.. hehehe

      January 27, 2012 at 6:10 am

    • Odah maen black white 2 bloon???? gw dah tamat nie

      April 18, 2013 at 11:41 am

  25. salah satu game favorit gue..gue dlu maen flora sky di emulator GBA di hape gue bro dgn starter chimchar ntar jadi inferno..keren bgt deh..tapi akhirnya gue frustasi sendiri gara* stuck di suatu tempat TT hehe..skrg lg maen pokemon black..lu masih maen bro ?

    January 25, 2012 at 2:13 pm

    • internape maksud gue..haha

      January 25, 2012 at 2:14 pm

    • masih bro, aku main white, ni masih dapet 6 badge

      January 27, 2012 at 6:11 am

      • udah main white 2 bloon bray?????
        aku dah tamat nie….
        xixixixixixixix

        April 18, 2013 at 11:42 am

  26. Dulu saya jarang banget nonton film “Pikachu” ini. Entah kenapa, nggak terlalu berminat. Padahal, temen-temen sebaya saya pada seneng nonton film ini. Alhasil, tiap mereka ngobrolin Pokemon, saya nggak pernah bisa nyambung, hehe…..

    January 25, 2012 at 11:40 pm

    • tips: kalo mereka lagi ngobrolin Pokemon, bang ditter blogging aja di pojokan buka deh blog ane, hahaha😆

      January 27, 2012 at 6:13 am

  27. Kalau saja, saya ada waktu untuk main game … sayangnya gk ada 😦

    January 26, 2012 at 6:29 pm

    • jangan diforsir buat kesibukan doank kang..

      January 27, 2012 at 6:14 am

  28. dulu pernah maen pokemon pake nds emulator (ga tau judulnya, lupa lagi)
    tapi ga maen lama, gara2 lebih keasyikan maen harvestmoon:mrgreen:

    January 27, 2012 at 8:12 am

    • saya malah belom nyoba harvestmoon🙂

      January 29, 2012 at 9:15 am

  29. iiii, jaid kangen ama pokemon!!
    gua jg suka. bhkan kadang suka niru2 suara pokemonnya. hehe

    January 27, 2012 at 4:44 pm

    • wah, pokemon lover sejati tuh.. pika..pikaa

      January 29, 2012 at 9:15 am

  30. kalo dari segi cerita aku lebih suka digimon. tapi pokemon emang lebih rame dan lucu. aku inget tuh selama episode2 awal, setiap tim roket terpelanting sampe ke langit, ada narasi yang kira2 bilang gini, “dan mereka pun menjadi bintang di langit…”😆 adegan tim roket yang terpelanting itu emang kayaknya selalu ada tapi kemudian suara narasi itu nggak ada lagi karena penonton pastilah udah ngerti dan dipersilahkan ngakak di posisi masing2.😆

    February 4, 2012 at 10:05 am

    • iya, apalagi abis terpelanting muncul bintang😆

      February 7, 2012 at 9:48 am

  31. sayangnya beda ama ane gan. sampe sekarang kagak bisa menikmati pokemon😀

    February 7, 2012 at 8:31 am

    • gak papa yang penting bisa nikmatin blog saya🙄😆

      February 7, 2012 at 9:49 am

  32. Waaaaaah, rindunyaaaaa ama Pokemoooon😳

    Hush, kenapa saya serindu ini, padahal sampai bulan november tahun lalu saya masih mainin game NDS-nya, yang Black version.😀

    Percaya gak, saya di Surabaya masih punya VCD Ori Pokemon yang versi awal banget, Ash masih di Kanto. Saya punyanya versi Inggris, di-dubbing Inggris. Gila deh, itu VCD ada sejak saya masih SD.😀 Rasanya dulu itu saya suka banget kalo dibeliin VCD Pokemon. Lha itu favorit saya.😀

    Saya pas SD juga ngoleksi kartu Pokemon, hasil dari permen lolipop entah apa namanya saya lupa. Kartunya bukan sembarang kartu. Di satu sisi ada gambar pokemon, di sisi baliknya ada data2nya. Lumayan lengkap, ada nama pokemon, cara pelafalannya, tipe elemen pokemonnya apa, beratnya berapa, tingginya berapa, dan kelemahan dan kekuatannya terhadap elemen apa. Nanti deh, mungkin lain kali kalo saya pulang, saya foto itu album foto kartu Pokemon saya.😀

    February 7, 2012 at 4:31 pm

    • aku main yang versi white-nya kang…😀
      wih, bener-bener pokemon lover tuh, saja gak punya koleksi pas awal episodenya:mrgreen: Eh, iya kalo pulang foto tuh album2nya trus dijadiin postingan pasti seru.

      February 8, 2012 at 11:58 am

  33. ecko

    walah – walah , kangen bnget sam pokemon trutama yg vrsi red/kanto wktu satosi bertemu dngn charmeleon😀 wktu itu ak jg masih umur 6 taon … kngn bngt !

    dan skrng ak brusan main pokemon black , uda ngumpulin semua badge, cuma nyangkut di elite four, susah bnget sih ! pdhl lvl pokemonku semua uda rata hhm hee

    February 14, 2012 at 8:23 am

    • terus dinaikin levelnya gan, saya main di white dan alhadulilah udah kelar🙂

      February 14, 2012 at 10:27 am

  34. vian

    digimon sih bagus tapi pokemon masih lebih bagus dari pada pokemon aku dukung zekrommmmmm

    April 3, 2012 at 10:10 am

  35. Krn aku ngefans sm pokemon sejak lama,aku jadi hafal deh semua nama pokemon…!!!

    July 19, 2012 at 6:42 am

    • wah sama donk:mrgreen:

      July 28, 2012 at 2:45 am

      • Hanif

        Pokemon emang manteb dah…
        soalnya ane gag henti-hentinya main berulang ulang
        ane udah nyoba dari GBC,GBA,NDS
        yg generasi ke 1 sampe generasi 4 mantab,ane juga penyuka poke starter type watter,dari squirtle,totodle,mudkip,piplup,yg generasi ke 5 belum coba…
        hehehe

        Mantab bro,temenku aja ampe ketularan jd suka pokemon krna sering main ama ane,dan jadinya bisa main berdua pake link cable

        August 14, 2012 at 3:49 am

        • wah keren tuh!😀

          August 20, 2012 at 1:16 pm

        • Satria

          Ane sudah tamatin yg generasi 5 endingnya bagus (n) raja nya timplasma terbang menggunakan reshiram di white kalau zekrom di black pokoknya seru pokemon setarternya menarik

          January 28, 2013 at 2:50 pm

  36. Hallo pokemon lovers😀
    wah wah wah rupanya banyak juga yang suka pkemon dari anime ama gamenya hehehe…
    ane juga suka Anime dan gamenya soalnya petualanganya gag akan pernah berhanti walau gamenya dah tamat tapi bisa battle dengan elite 4 kapan aja hehehe😀

    Game yang pernah ane mainin

    GBC
    -pokemon yellow
    -pokemon red
    -pokemon blue
    -pokemon green
    -pokemon gold
    -pokemon silver
    -pokemon crystal

    GBA
    -pokemon fire red
    -pokemon leaf green
    -pokemon shiny gold
    -pokemon liquid crystal
    -pokemon emerlad
    -pokemon ruby
    -pokemon saphire
    -pokemon light platinum
    -pokemon flora sky

    NDS
    -pokemon diamond
    -pokemon pearl
    -pokemon heart gold
    -pokemon soul silver

    kalo yang black and white ane belum pernah coba,belum cari soalnya hehehe😀

    Ane juga penggemar pokemon starter type watter yaitu squirtle,totodle,mudkip,piplup walau poke starternya pernah ane cobain tapi ane paling suka ama pokemon type water
    hehehe
    jadi kalo lagi boring main aja gamenya seru,menantang dan melatih kesabaran bener
    Malah pengen punya pokemon dan berada di dunia pokemon wkwkwkwk

    yang punya facebook like ini [ https://www.facebook.com/pokindofc ] terutama yang suka pokemon

    August 14, 2012 at 4:22 am

  37. Ekko

    Gan, udah tau belum, Pokemon Nusantara version
    karya anak bangsa gan
    gak kalah seru sama pokemon yang asli
    starternya tapi gk bisa milih

    August 22, 2012 at 7:13 am

  38. rian

    Aku masih bingung buat masuk ke mt.silver?
    Trus klo udah ngalahin lance gk bisa kmana2 lagi gitu kakak

    December 9, 2012 at 1:56 pm

    • Satria

      Mt.silver bisa di akses setelah ngalahin elite four dan pergi ke kanto lalu ngalahin semua gym kanto lalu prof.oak nyuruh kamu ke mt.silver

      January 28, 2013 at 2:43 pm

  39. Satria

    Ada pokemon baru di generasi (6) 3ds yaitu pokemon x dan y itu dirilis oktober 2013

    January 28, 2013 at 2:45 pm

  40. Dharma

    Sama! Gue juga suka tipe Water. Rasanya lebih berguna daripada yang laen……..

    February 13, 2013 at 11:31 am

    • POkemon kesukaan loo pada apa bray?????
      aku shie Elektrosss,,,, gak punya kelemahan…..

      April 18, 2013 at 11:44 am

      • Opl

        Ada lg 1 yg gaada kelemahan gan
        SABLEYE….

        June 7, 2014 at 10:54 pm

  41. rezky

    wah mantab bro. .
    gw jga ska pkemon,
    mlai yg gen 1-5,
    gw ska sma cyndaquil. .

    Law lgendary gw ska sma arceus, lbh kuat, n jga bsa brubah type😀

    July 3, 2013 at 1:28 am

    • sip!

      July 11, 2013 at 4:18 am

      • Agus Harii

        Gan klu digame,saya mau tanya mana yg paling bgs soalnya saya bingung milih yg mana dan klu dilihat2 banyak skali sih versinya

        December 15, 2013 at 10:43 pm

        • sebenernya tergantung selera gan, aku sih entah kenapa suka versi emerald dari dulu:mrgreen:

          December 26, 2013 at 2:13 am

  42. cuma kenal sama pokemon generasi 1, selebihnya udah gak tahu lagi😀
    keluargahusni.blogspot.com

    March 13, 2014 at 2:33 am

  43. diki adrian

    pokemon handalan ku adala bulbasaur ama pikachu
    kalo yang aku suka dari pikachu adalah pas dia berevolusi jadi raichu ngak terlalu keren tapi aku paling suka bagian ekor nya

    September 13, 2014 at 12:51 pm

Give your voice

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s