all the things that make my mind itch to review..

Yu Gi Oh – Bermain Kartu dengan Pharaoh Mesir

Weekend panjang adalah waktu yang sangat dinanti-nanti oleh setiap orang, termasuk saya:mrgreen: Namun belum lengkap rasanya bila cuman ngabisin waktu buat senang-senang tanpa menyapa teman-teman narablog semua (ehem…oke😐 )kalo ditanya kenapa jarang update (kaya pertanyaannya Agam di beranda saya) ya jawabannya kompleks sekali (wow…masak sih??) yang jelas kemaren lagi sibuk-sibuknya di kampus baik tugas ekstra, intra, dan akademis. Ya sudahlah langsung saja kita bahas postingan kali ini.

(gambar: anime Yu Gi Oh!)

And here we go!! Anime… Love this kinda thing so much! Selain anime-anime favorit saya yang terdahulu, ada lagi satu anime yang sangat saya gemari juga, Yu-Gi-Oh. Intinya hal yang membuat saya begitu tertarik dengan anime yang satu ini adalah permainan kartunya dan juga ceritanya yang kolosal. Permainan kartu di sini bukan permainan kartu remi seperti poker, blackjack, atau sejenisnya melainkan kartu-kartu yang di dalamnya terdapat suatu roh (atau monster) yang bisa dipanggil di arena permainan. Monster-monster ini merupakan makhluk mitos yang ada sejak jaman Pharaoh Mesir. Selain merupakan kartu pemanggil monster, ada juga kartu-kartu khusus yang mempunyai efek masing-masing terhadap jalannya permainan.

Yu-Gi-Oh!  atau yang dalam bahasa Indonesianya “Raja Permainan”  adalah sebuah animanga (anime dan manga)karya Kazuki Takahashi pada tahun 1996. Animanga ini menceritakan sebuah petualangan seorang anak lelaki yang jago dalam permainan video game, bernama Yugi Mutou. Ia adalah sosok yang tak punya teman dan sedikit introvert dan sering jadi target bully dari teman-temannnya, hingga pada suatu hari ia diberi hadiah oleh kakeknya sebuah kotak yang berisi kepingan-kepingan puzzle antik. Dan konon puzzle itu disebut-sebut sebagai Millenium Puzzle. Setelah beberapa tahun kemudian (menurut manga-nya 8 tahun), Yugi akhirnya berhasil menyusun puzzle tersebut dan roh yang berada di dalamnya berhasil keluar dan merasuki tubuh Yugi. Roh tersebut kini menjadi semacam kepribadian yang lain yang lebih dikenal dengan nama Yami Yugi (Yugi kegelapan).

Berikut adalah karakter-karakter dalam anime Yu-Gi-Oh:

Yugi Mutou

Seorang anak yang lebih pendek dari rata-rata tinggi teman-temannya di sekolah dang sering kali dijahili oleh teman-temannya. Setelah berhasil menyelesaikan Millenium Puzzle ia kini mempunyai kepribadian lain yang berasal dari Milenium Puzzle tersebut bernama Yami Yugi.

    

(gambar: atas – Anzu, Kaiba, Honda, Jounouchi, Yami Yugi bawah – Yami Yugi dan Yugi Mutou)

Anzu Mazaki (Tea Gardner)

Teman yugi sejak kecil yang seorang cewek egois namun sangat bengis. Mempunyai ketertarikan terhadap Yami Yugi, tapi tidak pada Yugi Mutou. Anzu juga seorang duelist yang deck-nya didominasi oleh monster fairy dari tipe cahaya dan cara bermainnya terfokus pada menaikkan HP sehingga sulit untuk dikalahkan

Katsuya Jounouchi/ Jyounouchi  (Joe Wheeler)

Awalnya Jounouchi diperkenalkan sebagai tokoh yang tolol dan bringas, namun setelah dihajar oleh berandal lain yang lebih kuat, akhirnya menjadi lebih tolol. Sampai tamat kelihatannya masih sedikit berandal, tapi ia baik hati . Dia selalu menjaga ketololannya , walaupun mudah naik darah. Menyukai Mai Kujaku walaupun sempat ditolak.

Hiroto Honda (Tristan Taylor)

Dia sedikit serampangan tapi tolol . Dia adalah seorang laki-laki yang sejenis dengan Jounouchi. Honda menyukai Serenity Wheeler, adik Jounouchi.

Sugoroku Mutou (Solomon Mutou)

Kakek Yugi, ia merupakan seorang pemilik toko mainan. Dialah yang memberikan Millenium Puzzle kepada Yugi.

Seto Kaiba

Teman sekelas Yugi, sangat terobsesi pada Blue Eyes White Dragon, sampai berusa untuk mencuri nyadari Yugi tetapi berhasil dicegah. Sejak dikalahkan oleh Yugi dalam sebuah game, ia sangat dendam pada Yugi.

(gambar: kartu naga legendaris Blue Eyes White Dragon)

Peraturan Dasar dan Cara Bermain Kartu

  1. Dalam show Anime / Manga, setiap pemain diberikan LP (Life Points) sebesar 2000 atau 4000, namun pada permainan di real-life / sungguhan, tiap pemain diberikan nyawa sebesar 8000 LP (seperti dalam game PC)
  2. Jumlah minimal kartu dalam sebuah deck adalah 40 buah dan maksimal 60 buah jika kelebihan atau kurang maka pemain akan didisfikualisasi. Pada peraturan sebelumnya batas kartu yang bisa dipakai di deck secara berurutan adalah tak terbatas atau 80 buah
  3. Dalam sebuah deck hanya boleh ada maksimal 3 kartu yang bernama sama persis.
  4. Maksimal kartu yang ada di tangan, pada saat End Phase adalah 6, lebih dari itu harus dibuang jumlah yang berlebih ke dalam Graveyard, kecuali terdapat efek kartu khusus seperti Infinite Card.
  5. Life Point yang berkurang biasanya sesuai selisih attack point musuh dengan attack point monster sendiri dan dalam posisi menyerang, sedangkan monster dalam posisi bertahan life point pemian tidak berkurang. Jika monster menyerang dengan musuh poin serangan sama, maka kedua monster akan hancur dan tidak terjadi damage pada life point.
  6. Dan banyak lagi peraturannya:mrgreen:

Generasi-generasi Manga Yu Gi Oh!

1. Yu Gi Oh! (Original Manga)

Manga ini telah berlangsung dari tahun 1996 sampai 8 Maret 2004. Pertama kali diciptakan oleh Kazuki Takahashi dan merupakan salah satu judul yang paling populer yang ditampilkan dalam Weekly Shonen Jump Shueisha. Awalnya cerita dari manga ini berfokus pada Yugi Mutou yang menggunakan game yang dirancang oleh Pegasus untuk melawan sekelompok penjahat. Yugi juga masuk ke dalam sebuah petualangan yang menyenangkan bersama temannya Katsuya Jonouchi, Anzu Mazaki dan Hiroto Honda.

(gambar: dari kiri – Jaden Yuki (Yu Gi Oh! GX), Yugi Mutou (Yu Gi Oh! Original), Yusei Fudo (Yu Gi Oh! 5D’s) sedang bercengkrama)

2. Yu Gi Oh! R

Pertama kali diilustrasikan oleh Akira Ito, yang juga seniman dari pembuatan Yu-Gi-Oh! Original di bawah pengawasan Takahashi. Yu-Gi-Oh! R adalah spin-off dari asli Yu-Gi-Oh! franchise dengan sebagian besar karakternya sama namun dalam alur cerita yang baru. Manga ini pertama kali diterbitkan di majalah bulanan V-Shueisha langsung pada tanggal 21 April 2004. Di serial ini karakter utamanya tetap Yugi Mutou.

3. Yu Gi Oh! GX

Seri manga lain dari adaptasi mangaYu-Gi-Oh! GX. Komik ini diilustrasikan oleh Naoyuki Kageyama dan berbeda dari anime sebelumnya, versi ini menampilkan alur cerita baru dan monster yang baru, serta beberapa perubahan kepribadian dalam beberapa karakter. Yu-Gi-Oh! GX manga ini dirilis di Amerika Utara oleh VIZ Media. Karakter utama dari Yu-Gi-Oh! GX adalah Jaden Yuki (dalam versi Jepangnya Yuki Judai) seorang anak energik yang memiliki bakat besar dalam Duel Monster.

4. Yu Gi Oh! 5 D’s

Manga mulai serialisasi di majalah V-Jump Bulanan dari Agustus 2009. Versi ini ditulis oleh Masahiro Hikokubo dan Satou Masashi. Seperti manga GX, Yu Gi Oh! 5 D’s ini menampilkan alur cerita yang berbeda dan monster-monster yang berbeda pula. Karakter utama dari Yu-Gi-Oh! 5D ini adalah Yusei Fudo, seorang mekanik jenius, duelist mahir, dan Signer. Saingannya, Signer lain bernama Jack Atlas, yang mengkhianati Yusei dan teman-temannya untuk keluar dari satelit. Karakter penting lainnya adalah Akiza Izinski, seorang Signer dam Duelist dengan kekuatan psychic, saudara kembar Luna dan Leo, dan Crow Hogan. Yusei dan Signer lainnya berusaha mengalahkan The Dark Signer, The Earthbound Immortal, Yliaster, para Emporors Noble, dan  Z-One.

5. Yu Gi Oh! ZEXAL

Serial terbaru dariYu-Gi-Oh! akan diumumkan pada screening ulangan di Jepang dari Yu-Gi-Oh! 3D Bonds Beyond Time pada 20 Februari 2011. Dalam waktu dekat, nama karakter utama adalah Yuma Tsukumo yang kemudian bertemu dengan roh bernama Astral. Mereka bekerja sama untuk mengumpulkan “Number” kartu yang tersebar di mana-mana. Kartu-kartu itu adalah bagian yang hilang dari memori Astral itu. Pada seri ini juga memperkenalkan tipe baru monster yang disebut Xyz Monster.

At last, animanga yang satu ini bener-bener keren. bahkan saking nge-fansnya, saya sampai sekarang masih mengoleksi kartu-kartu Yugi:mrgreen: (meskipun ada beberapa yang udah pada ilang). Hope you enjoy this!😆

54 responses

  1. waduhh ….berat nich…🙂
    pecinta anime juga ya… !

    April 7, 2012 at 2:16 pm

  2. r10

    aku ga paham dunia manga dan anime, aku sukanya manhua😀

    April 7, 2012 at 2:43 pm

    • manhua ya? saya cuman tau sedikit paling2 yang Three Kingdoms itu doang bro.

      April 8, 2012 at 2:03 am

  3. waw😮 ada nama ane disitu😀 asik dah. ane suka nonton yu-gi-oh waktu kecil:mrgreen: n ane suka maen gamenya di ps 1 n tamat😀 hehe *pakegameshark:mrgreen: wakakakaakka

    April 7, 2012 at 2:59 pm

  4. Aku dulu sempat main game kartu ini di Playstation. Tapi sekarang udah lupa cara atau aturan permainannya, huahaha😆

    Kalau komik/anime-nya sendiri aku tidak terlalu mengikuti sih. Hanya sepintas lalu dan bolong-bolong, hehe🙂 Salah satu alasannya (untuk anime) karena kalau tidak salah dulu jam tayangnya kurang bersahabat deh, hmm

    April 7, 2012 at 11:19 pm

    • emang sih cara mainnya agak nguras otak juga, tapi sebenernya asyik kang😀
      maksudnya kurang bersahabat karena bentrok sama kegiatan ya? iya juga sih🙄

      April 8, 2012 at 2:06 am

  5. bmaster23

    ane suka anime yg ginian:mrgreen:

    nitip : http://bmaster23.wordpress.com/2012/04/07/tema-manchester-united-fc-untuk-blackberry/

    April 8, 2012 at 12:43 am

  6. seneng baca komiknya doank, palagi Three Kingdoms *kagak ada yang nanya*:mrgreen:

    April 8, 2012 at 2:31 am

    • gak papa aq abis ini nanya kok…:mrgreen:
      itu manhua bro.

      April 8, 2012 at 4:26 am

  7. YuGiOh —-> Raja permainan hahahaha

    temen ku ada yang demen banget tuch – mungkin bang ikhwan mau tanding sama dia hehee

    April 9, 2012 at 2:54 am

  8. saya sudah pernah dapat seluruh kartu dewa di Yu Gi Oh! R, seru jga:mrgreen:

    April 9, 2012 at 8:06 am

  9. Bosan… Main kartu ini, yuk! Turunkan Cyberstein, aktifkan kemampuan korbankan 2000 LP untuk memunculkan Blue Eyes Ultimate Dragon, kemudian equip dengan Axe of Despair dan Megamorph. Lalu serang dengan sekali serang! Giliranku selesai…

    April 9, 2012 at 11:19 pm

    • sebelumnya aku aktifkan Negate Attack lalu aku aktifkan Dark Hole, kemudian dengan Monster Reborn aku panggil kembali Blue Eyes Ultimate Dragon diequip pake United We Stand lalu serang! giliranku selesai…:mrgreen:

      April 10, 2012 at 8:52 am

      • Emang kalau baru di-reborn langsung bisa nyerang ya?

        April 10, 2012 at 9:14 am

        • bisa..pokoknya pas giliran kita

          April 11, 2012 at 9:53 am

          • Oh, gitu ya… Hehehe… Saya jarang pakai sih, soalnya setahu saya, Monster Reborn itu hanya bisa membangkitkan monster yang dipanggil normal. Blue Eyes Ultimate Dragon yang tadi saya panggil pakai special summon dengan kemampuan khusus Cyberstein. Jadi, nggak mungkin dibangkitkan pakai monster reborn…

            April 11, 2012 at 12:49 pm

            • wah saya belum tau pasti mengenai special effect-nya Cyberstein…😦

              April 14, 2012 at 7:59 am

              • Efeknya tuh begini:
                Pay 5000 Life Points. Special Summon 1 Fusion Monster from your Fusion Deck to the field in Attack Position.
                Ternyata bayarnya 5000, saya lupa. Saya kira tadi 2000…😆

                April 14, 2012 at 8:05 am

    • lalu musuh…. mengaktifkan Magic Cilynder….. apa yang akan terjadi?

      April 11, 2012 at 11:28 am

  10. dulu pas jaman SMA sempet main ginian
    tapi lama kelamaan ga diterusin soalnya gak sempet
    hehehe

    April 18, 2012 at 11:52 am

  11. weleh2

    April 21, 2012 at 9:13 am

  12. wah g mudeng tenan je,.:D

    May 3, 2012 at 3:33 am

  13. Soal anime dan permainannya, bingung mau komentar karena jarang mainin hehe..

    May 9, 2012 at 2:21 am

  14. andre

    bosan masa gitu aja!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    May 19, 2012 at 3:10 am

  15. andre

    qhu ada exodia spa yang mau maen sma qhu heheheheh😛

    May 19, 2012 at 3:12 am

  16. anime ini ada di salah satu staiun tv kan den?? kalo ndak salah dulu pernah nonton sekilas, gk tahu sekarang masih ada atau gk

    May 27, 2012 at 8:13 am

  17. zigit

    kk ada game PCnya g?
    klo ada bisa kirim linknya….

    makasih

    July 27, 2012 at 1:27 am

  18. wah dulu sering banget main ini di ps 1, sampe rela beli kartu originalnya buat dapetin monster hahahaha

    July 31, 2012 at 7:41 am

  19. arief

    gann gimana cara nya dapat blue eyes dragon … tapi gak pake cheat

    August 2, 2012 at 11:56 am

    • impor aja ke versi yang udah ada Blue Eyes nya,

      August 13, 2012 at 4:06 am

  20. coba ajh jaman sekarang ada kartu monster bakalan seru nih…

    August 23, 2012 at 9:34 am

  21. gusti wisnu

    tempat duel yang biasa dibawa2 di tangan itu apa sih gan

    September 20, 2012 at 5:52 am

    • Duel disk bro,…

      December 8, 2012 at 4:19 pm

  22. Abi Nurseha Z

    Kalo da Yg mau duel dng sya ,,

    sya siap kpan pun…….???????

    November 4, 2012 at 1:17 pm

  23. Pengen deh liat movie ea?

    March 18, 2013 at 2:05 pm

Give your voice

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s