all the things that make my mind itch to review..

When You Believe (Kekuatan Vokal + “Meaningful” Lirik)

“Lagu yang oke punya” setujukah kalian? (info: tiada pemaksaan dari penulis😀 )

One of my fav song…. hahaha😉
Bicara soal musik, tentu banyak dari kawan-kawan semua yang memiliki favoritnya masing-masing. Termasuk saya, favorit saya se-abreg. Seperti halnya film yang punya genre (pasti tau kan genre favorit ane? Lihat posting-an sebelumnya) musik juga memiliki genre yang bermacam-macam. Mulai dari pop, rock, jazz, reggae, country, dan lain sebagainya. Bahkan dari satu jenis musik masih dibedakan lagi, misalnya musik rock dibagi lagi jadi hard rock, pop rock, semi hard rock, dan lain-lain.

Loh..loh…kenapa jadi bahas aliran musik ya? Apakah saya amnesia? (amnesia kalo saya cakep:mrgreen: ) well, sorry kawan kalau saya agak kurang waras fokus pada tema postingan kali ini. Walaupun begitu, gak ada salahnya kan kita menyimak sebentar pendahuluan mengenai musik (membela diri)

Jika kalian pernah nonton film The Prince of Egypt, pasti agan-agan tak asing dengan salah satu Soundtrack-nya, When You Believe, yang artinya “saat kau yakin” (kereen🙂 ). Dinyanyikan oleh Mariah Carey dan Whitney Houston semakin menambah kesempurnaan lagu ini. Written and Composed by Stephen Schwartz di tahun 1998, lagu ini berhasil menyabet banyak piala, salah satunya Academy Award. Lagu bertipe ballad ini melukiskan bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk mewujudkan harapan sekalipun itu adalah sebuah keajaiban (miracle) dan hal itu bisa diraih ketika kita yakin dan percaya kita bisa meraihnya. (cocuiiit😳 )

Komposisi vokal dalam lagu ini dikategorikan mellow ballad. Di bagian verse, Houston berada di kunci B minor sedangkan Carey lebih tinggi di E minor. Komposisi ini sangat indah, perpaduan antara vokal Houston yang powerful dan tegas dengan vokal Carey yang dinamis dan soul-nya yang indah.

Dan selain dari dalamnya makna lirik dan kekuatan vokal kedua diva tersebut, yang menarik bagi saya adalah video klipnya. Ada dua versi video klip dari lagu ini original music video dan alternate video. Untuk yang original, setting video nampak seperti Carey dan Houston sedang berkolaborasi di sebuah konser megah dengan banyak penonton yang cheering on both singers. Di situ digambarkan Houston nyanyi verse pertama, dilanjutkan dengan Carey untuk bridge 2 dan chorus. Pencahayaan panggung diatur sedemikian rupa sehingga terlihat “bicara” (maksudnya?) setiap fluktuasi nada dan dinamika irama pasti diikuti oleh berbagai kalip cahaya yang menunjukkan tensi lagu. Ketika masuk bagian reffrain dimana Carey dan Houston melakukan improve ganas dengan style masing-masing (dan yang paling penting tanpa ada dominasi vokal), cahaya seolah “meledak” meng-glamour-kan kedua diva dan membuat tensi semakin mendalami makna liriknya. Diikuti choir yang membuat When You Believe menjadi perfect packaging, scene pun berakhir dengan standing ovation dari penonton.

penasaran sama video-nya? nih ane kasih liat…😉

Over all… I love this song so much!!

4 responses

  1. Dibanding lagu ini saya lebih suka lagu Bengawan Solo dari Waljinah.🙂

    December 18, 2011 at 3:54 am

    • it’s okay gan….🙂 selera kite beda…😆

      December 18, 2011 at 1:28 pm

  2. r10

    keren nih lagunya, kedua penyanyi sama2 punya vokal hebat

    January 9, 2012 at 12:28 pm

Give your voice

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s